Halaman

Jumat, 19 April 2013

Jangan Marah Bagimu Surga

      hai-hai kembali lagi nisa mau ngepost nih. judulnya tentang "jangan marah bagimu surga". karena akhir-akhir banyak banget orang yang pada sensi alias sensitif gitu. ckckck...padahal kan marah memiliki efek negatif bagi tubuh seperti stress, gangguan jantung, gangguan tidur, tekanan darah tinggi, masalah pernapasan, serangan jantung and cerebral stroke. gak mau kan masih muda udah penyakitan gitu..euyyyy..ogah banget. oke tapi nisa gak bahas tentang efek marah bagi kesehatan nih. nisa mau bahas gimana efek marah bagi sirkulasi ibadah kita. ups..bahasanya biologi banget yah. maklum mantan SMA IPA. loh kok malah curcol. he..he..oke yuk kita bahas..

           Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
لاَ تَغْضَبْ وِلَكَ الْجَنَّة
Janganlah engkau marah, niscaya engkau mendapat surga (H.R at-Thobarony dan dishahihkan oleh al-Mundziri)

           ehm..dahsyat banget kan artinya. jika kamu-kamu mau dapet surga dari Allah. maka jagalah lisan kita dari yang namanya marah. usahakan untuk menahan marah. walaupun nisa sendiri juga masih belajar untuk menahan marah. yuk..kita sama-sama interopeksi diri karena tidak semua orang itu sempurna dan adakalanya juga pernah marah. hayo..ngaku siapa yang pernah marah. atau jangan-jangan sampai marahan lebih dari tiga hari. don't try again at this at home. padahal rasulullah sendiri melarangnya seperti hadits yang nisa kutip ini.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَبَاغَضُوا وَلَا تَحَاسَدُوا وَلَا 
تَدَابَرُوا وَكُونُوا عِبَادَ اللَّهِ إِخْوَانًا وَلَا يَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أَنْ يَهْجُرَ أَخَاهُ فَوْقَ ثَلَاثِ لَيَالٍ

Dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah saw bersabda, Janganlah kalian saling membenci, jangan saling mendengki, dan janganlah saling membelakangi, jadilah kalian hamba Allah yang bersaudara, dan tidak halal bagi seorang muslim untuk mendiamkan saudaranya lebih dari tiga malam (hari) (HR al-Bukhari)

          udah jelas kan bahwa menahan marah itu penting. coz setiap muslim itu ibarat tubuh yang tak terpisahkan. so jika ada satu tubuh yang sakit maka tubuh yang lain ikut merasakan. oleh sebab itu jangan terlalu lama marah karena gak baik juga bagi siklus pertemanan kita. udah berteman bertahun-tahun. eh..cuma gara-gara gak dibagi gorengan persahabatan jadi renggang. ckckckck..
              oia ada lagi nih keutamaan dari menahan marah. ini nih contohnya :
  1. mencirikan seorang muslim. eits..jangan judge dulu. walaupun gak semua umat muslim bisa menahan marah. tapi seenggaknya islam itu agama yang bersifat lemah lembut. jadi kalau kamu mau mencirikan orang muslim yah dengan tidak marah salah satunya.
  2. kerinduan terhadap surga. karena dengan menahan marah pahala yang dijanjikan pun gak main. langsung dibayar lunas sama Allah surga di depan mata kita.
  3. kunci kemenangan dan keridhoan. tahu kan peribahasa diam itu emas. jadi gak selamanya diam itu mencirikan kita itu lemah. dengan menahan marah sesungguhnya kita itu termasuk orang yang paling kuat. karena menahan marah itu sulit guys. nisa aja kadang masih ada keselnya. he..he..
  4. marah merupakan kelemahan dan sabar merupakan kekuatan. ehm..seperti yang dibahas di no 3 nih. orang sabar pasti disayang Allah. Allah aja sayang pasti orang lain pun juga sayang sama kita. yup..seperti sayangnya kita ke baginda rasulullah saw. karena beliau itu orang sangat lemah lembut. makanya banyak yang sayang sama beliau bahkan musuhnya pun ikut berbalik sayang kepada beliau. karena beliau tidak pernah marah walaupun diejek dan diperlakukan kasar oleh musuhnya
      nah sekarang udah jelas kan keutamaan menahan marah. langsung kita bahasa bagaimana caranya mengobati marah. yuk kita intip tipsnya :
  1. melatih dan menempa jiwa dengan akhlak terpuji. yup..dengan membiasakan perilaku terpuji maka marah pun akan terkontrol dengan sendirinya. oleh sebab itu, yuk kita biasakan perilaku terpuji dari hal-hal terkecil, yaitu smile alias senyum.
  2. mengucap kalimat ta'awudz. A’udzubillahi minasy syaithanir rajim berarti “Aku memohon perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk”, agar ia tidak membahayakan diriku dalam urusan agama dan duniaku, atau menghalangiku untuk mengerjakan apa yang Dia perintahkan. Atau agar ia tidak menyuruhku mengerjakan apa yang Dia larang, karena setan itu tidak ada yang bisa mencegahnya untuk menggoda kecuali Allah.
  3. mengubah posisi (berdiri-duduk-berbaring). yup..jika kita marah saat keadaan berdiri maka kita ubah posisi kita menjadi duduk. begitu juga sebaliknya.
  4. meninggalkan pembicaraan. jika pembicaraan sudah membuat kita menjadi kesal, bete ataupun marah. maka tinggalkan pembicaraan tersebut. 
  5. berwudhu. yup..dengan keadaan kita suci maka hati kita pun akan tenang and ditambah membuat pikiran kita fresh. apalagi jika memakai air dingin untuk berwudhu. dijamin hati kita yang panas akan dingin. he..he..#itu inisiatif sendiri aja.
         oia ampe lupa. gak selamanya marah itu dilarang loh. contoh-contoh marah yang diperbolehkan kepada beberapa hal, yaitu:
  1. penentangan terhadap berbagai larangan agama 
  2. penentangan terhadap aqidah kita yang dinodai
  3. penentangan tentang melecehkan akhlak dan ibadah
  4. menginjak-nginjak jiwa, harta dan kehormatan kaum muslim
         baiklah itu sedikit ilmu yang ingin nisa bagikan ke temen-temen. mohon maaf jika ada kekurangan dari tulisan ini. oia pembaca yang baik selalu meninggalkan pesan. so jangan lupa komentarnya. syukron jazakumullah khairan katsira.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar